Happy Birthday Scout Indonesia



Salam Pramuka

Pramuka telah tumbuh di bumi Indonesia sejak 51 tahun yang lalu, meskipun sebelumnya gerakan kepanduan ini sudah ada. Kepanduan yang ada pada saat itu harus melebur menjadi satu yang disebut Pramuka.

Peleburan itu terjadi pada Kamis malam jumat tanggal 9 Maret 1961 oleh Presiden Republik Indonesia. Presiden mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka.

Sedangkan pada tanggal 14 Agustus 1961 adalah waktu dimana Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada khalayak umum.

Pada saat itu Presiden melantik anggota Mapinas, Kwarnas dan Kwarnari, di Istana negara, dan menyampaikan anugerah tanda penghargaan dan kehormatan berupa Panji Gerakan Kepanduan Nasional Indonesia (Keppres No.448 Tahun 1961) yang diterimakan kepada Ketua Kwartir Nasional, Sri Sultan Hamengku Buwono IX sesaat sebelum pawai/defile dimulai.

Peristiwa perkenalan tanggal 14 Agustus 1961 itu kemudian ditetapkan sebagai HARI PRAMUKA, yang setiap tahunnya diperingati oleh seluruh jajaran dan anggota Gerakan Pramuka.



Sebait Puisi untuk mu Pramukaku
-------------------------------------------
Pandu terbaik bangsa

Berbanggalah pada negeri

paling berharga..

Bahwa Pertiwi Adalah Ruh

Gerakan Paling Istimewa

Dengan Tetap bertekad pada Satya yang kita Dharmakan

dan Dharma yang Kita Bhaktikan ...

Selamat HUT PRAMUKA KE 51

Merdekalah Indonesiaku

Jayalah Pramukaku

Related Posts:

0 Response to "Happy Birthday Scout Indonesia"

Posting Komentar

Apa yang Anda Pikirkan ?